Apa Pengertian Tag Dalam SCADA / HMI

Apa kah itu yang dimaksud dengan Tag dalam HMI pada aplikasi sistem SCADA ? Mungkin beberapa dari kita pernah bertanya atau mendapat pertanyaan hal basic mengenai apa yang dimaksud dengan Tag dalam HMI SCADA. Pertanyaan umumnya datang dari newbies alias pemula dalam menghadapi project SCADA. Biasanya para engineer baru yang bergerak dalam bidang automation / automasi industri, baik dari vendor, user, maupun system integrator dan kaitannya sangat erat dengan hardware device Programmable Controller seperti PLC (Programmable Logic Controller) / RTU (Remote Terminal Unit) / DCS (Distributed Control System).

So, what is Tag in SCADA / HMI application? Untuk yang berpengalaman atau pernah belajar programming, it’s simply means a Variables in your program that you can declare on whatever computer languages you used. Jadi Tag juga di declare seperti halnya dalam bahasa pemrograman script programming, namun dalam aplikasi SCADA umumnya program dilakukan menggunakan function block. SCADA merupakan aplikasi yang cukup pesat perkembangannya dalam industri automasi untuk control dan monitoring pada suatu plant di industri process, factory di industri manufacturing.

tag-dalam-scada-hmi

By nature, suatu system membutuhkan SCADA untuk berkomunikasi dengan eksternal devais dalam skala besar seperti PLC, equipments meters, machine controller, dan intelligent electronic devices lainnya seperti field instrument tertentu. In order to link up and access those devices, banyak sekali jenis protokol komunikasi yang digunakan, baik “open” maupun khusus dan devais tersebut mesti memiliki mekanisme untuk membuka informasinya agar dapat dibaca sistem SCADA, regardless read only or read & write.

Normalnya data yang diberikan adalah dalam bentuk address atau register, tetapi juga dapat diberikan langsung berupa string, byte tergantung dari communication protocol yang digunakan. Dengan demikian, SCADA harus meng-assign variable didalam lokasi system memory untuk menghubungkan setiap parameter yang diperlukan dari suatu devais. That’s the Tag, atau spesifiknya lagi adalah I/O Tag karena dia lah satu-satunya input & output channel dari sistem SCADA. Atau nama lainnya adalah external / physical Tag.

Contrast hal nya dengan virtual Tag yang digunakan dalam internal system, dapat disebut runtime Tag, memory Tag, or simply internal Tag. Beberapa sistem SCADA mengidentikkan non predefined Tag atau on the fly creation Tag sebagai runtime Tag. Dan beberapa SCADA system mengidentikkan sebagai database used Tag atau Archive Tag. So, basically there is data source , data server , and HMI in SCADA application.

SCADA merupakan produk dari engineering technology yang aplikasinya tidak massive di market untuk men-spread its development cost. Hal ini akan dirasa tidak terjangkau untuk project dalam lingkup kecil, dan dalam hal lain akan dirasa hanya bernilai fraksi yang kecil dalam suatu mega project. Oleh karenanya jumlah Tag sering dijadikan parameter besarnya project dalam sizing aplikasi sistem SCADA, dan harga untuk implementasi SCADA juga berhubungan dengan jumlah I/O Tag didalam project budgeting. Selanjutnya dalam skala besar, SCADA memerlukan banyak pekerjaan software related engineering dalam dalam mengelola Tag dan penggunaan memory, disamping tentunya hardware related work untuk setup & configure RTU, MTU, telecom systems. Anyhow, beberapa vendor ada memberikan charge dalam penggunaan virtual / archive Tag. Beberapa lainnya memberikan unlimited tag sebagai “sales speach”.

So, untuk para praktisi yang sedang mendevelop aplikasi SCADA di tempat mu, sekian mungkin informasinya dapat membantu. And…the last but not least, please Subscribe atau Like 🙂 :)… Oh, satu lagi, untuk referensi beberapa perusahaan / brand provider sistem SCADA, baik software only maupun hardwares related nya untuk SCADA yaitu WonderWare, Indusoft, Emerson, GE, Siemens, ABB, Rockwell Automation, Schneider, Yokogawa, etc..

Good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s